03 Februari, 2008

10 Kriteria Soal Kecocokan Pasangan

Lalu, faktor apa saja sih yang mesti diperhatikan dalam memilih pasangan hidup? Lihat detail di bawah ini, dan bandingkan dengan 'sistem seleksi' yang Anda miliki.
1. Penampilan fisik,
seperti paras wajah atau bentuk badan. Anda suka yang biasa-biasa saja atau yang seksi?

2. Keterbukaan emosi.
Di antaranya adalah cara memberi perhatian dan kemampuan mengekspresikan perasaan. Biarpun dia bilang sayang, kalau tidak pernah diperlihatkan, Anda pasti tidak betah, deh.

3. Kemampuan bersosialisasi.
Tipe apa yang Anda sukai, yang senang bersosialisasi dengan orang lain atau penyendiri?

4. Intelektualitas.
Termasuk dalam kategori ini adalah latar belakang pendidikan, kemauan belajar, dan kreativitas.

5. Agama.
Bila Anda percaya bahwa perbedaan agama akan menimbulkan masalah, lebih baik pilih yang seagama. Bahkan, bila seagama pun, pilihlah orang yang secara spiritual seimbang dengan Anda.

6. Kemampuan berkomunikasi.
Yang ini jelas sekali maksudnya, agar komunikasi tidak 'tulalit'.

7. Keadaan finansial atau pekerjaan.
Kriteria ini bukan berarti Anda 'matre', tapi zaman sekarang masalah keuangan juga patut diperhatikan. Kecuali, bila Anda menganut prinsip yang penting cinta, atau memang Anda sudah kaya raya. Pekerjaan juga memberi petunjuk akan kemampuan bekerja dan bertanggungjawab.

8. Kedewasaan.
Hal ini penting karena susah rasanya menghadapi pasangan yang tak seimbang kedewasaannya. Kecuali bila salah satu dari Anda bisa bertindak sebagai pengemong. Cuma, bakal tahankah Anda berperan sebagai 'ibu asuh'?

9. Keterbukaan soal seks.
Banyak pasangan yang akhirnya berpisah karena mengalami problem seks. Padahal, kalau dibicarakan dengan terbuka, barangkali hubungan itu masih bisa tertolong. Tapi, semuanya tergantung Anda sendiri. Apakah Anda lebih menyukai orang yang punya 'jam terbang' tinggi atau justru yang rendah dalam masalah seks, atau yang menganggap seks bisa didiskusikan?

10. Hobi dan minat.
Kedua hal ini bisa saja mendekatkan, tapi bisa juga sebaliknya. Kalau sama-sama suka menyanyi misalnya, siapa tahu Anda bisa berduet dan menghasilkan duit dari situ. Tapi, bisa juga Anda malah lebih cepat bosan. Tentu saja ke-10 kriteria ini tidak mutlak. Kalau tidak seluruh faktor itu dimiliki, hubungan cinta Anda tetap masih ada harapan. Yang penting, cinta kan?

11. Jarak.
Kalau tempat tinggalnya dipisahkan lautan, tahankah Anda? Kalau tidak, cari yang dekat-dekat saja, dong.

12. Usia.
Banyak yang bilang, usia tak jadi soal. Tapi, bila Anda berniat membina rumahtangga dan memiliki anak, usia pendamping nampaknya perlu diperhatikan juga.
Tentu saja ke-12 kriteria ini tidak mutlak. Kalau tidak seluruh faktor itu dimiliki, hubungan cinta Anda tetap masih ada harapan. Yang penting, cinta kan?
Punya kriteria sendiri ?

Tidak ada komentar: