16 Desember, 2009

12 Kriteria Memilih Pasangan

Lalu, faktor apa saja sih yang mesti diperhatikan dalam memilih pasangan hidup?
Silakan lihat detail di bawah ini.
Bila perlu, bandingkan dengan 'sistem seleksi' yang Anda miliki:

1. Penampilan fisik, seperti paras wajah atau bentuk badan. Anda suka yang wajahnya biasa-biasa saja, tapi seksi atau atletis?
Atau Anda lebih suka yang cantik atau ganteng, meski body-nya biasa-biasa saja?

2. Keterbukaan emosi, seperti cara memberi perhatian dan kemampuan mengekspresikan perasaan.

3. Kemampuan bersosialisasi. Tipe apa yang Anda sukai, yang senang bersosialisasi dengan orang lain atau penyendiri?

4. Intelektualitas, seperti latar belakang pendidikan, kemauan belajar, dan kreativitas.

5. Agama. Bila Anda percaya bahwa perbedaan agama akan menimbulkan masalah, lebih baik pilih yang seagama. Bahkan, bila seagama pun, pilihlah orang yang secara spiritual seimbang dengan Anda.

6. Kemampuan berkomunikasi. Yang ini perlu banget, agar komunikasi Anda tidak 'tulalit'.

7. Finansial & pekerjaan. Kriteria ini bukan berarti Anda 'matre', tapi zaman sekarang masalah keuangan juga patut diperhatikan. Kecuali bila Anda menganut prinsip yang penting cinta, atau memang Anda sudah kaya raya. Sedang soal pekerjaan, bisa memberi petunjuk tingkat tanggung jawab dan kemampuan memanage team [dalam hal ini keluarga].

8. Kedewasaan penting karena susah rasanya menghadapi pasangan yang tak seimbang kedewasaannya. Kecuali bila salah satu dari Anda bisa bertindak sebagai pengemong. Cuma, bakal tahankah Anda berperan sebagai 'ibu asuh'?

9. Keterbukaan dalam soal seks. Ini nampaknya penting juga, lho. Apalagi di zaman serba "bebas" seperti sekarang.
Terserah Anda, apakah lebih menyukai orang yang punya 'jam terbang' tinggi, atau justru yang belum punya pengalaman sama sekali.

10. Hobi dan minat. Kedua hal ini bisa saja mendekatkan, tapi bisa juga sebaliknya. Kalau sama-sama suka menyanyi misalnya, siapa tahu Anda bisa berduet dan menghasilkan duit dari situ. Tapi, bisa juga Anda malah lebih cepat bosan.

11. Jarak. Kalau tempat tinggalnya dipisahkan lautan, tahankah Anda? Kalau tidak, cari yang dekat-dekat saja, dong.

12. Usia. Banyak yang bilang, usia tak jadi soal. Tapi, bila Anda berniat membina rumahtangga dan memiliki anak, usia pendamping nampaknya perlu diperhatikan juga.

Tentu saja ke-12 kriteria ini tidak mutlak.
Kalau tidak seluruh faktor itu dimiliki, hubungan cinta Anda tetap masih ada harapan.
Yang penting, cinta kan?

Punya kriteria sendiri ?

3 komentar:

Bayu Lebond mengatakan...

kl gw tajir gak papa yg penting cakep...

Iqbal mengatakan...

pikirkan sebelum terjadi... :D

yUDa_bUaNGgEt!! mengatakan...

yang penting tajir dan cakep..wakakaka